welcome to our blog! Happy browsing

Jumat, 27 September 2013

Contoh Alat TI yang digunakan dalam Pendidikan

      Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan sangatlah penting karena TI merupakan salah satu sarana yang digunakan dalam pengajaran, contohnya yaitu Proyektor.
A.  Pengertian Proyektor
Proyektor adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Pengertian lainnya adalah alat optik yang digunakan untuk memproyeksikan gambar pada sebidang layer.
B.  Kegunaan Proyektor
Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan di sampaikan dapat diproyeksikan ke layar sehingga informasi berupa tulisan, gambar, bagan, dan lain-lain akan menjadi lebih besar dan lebih jelas di lihat. Proyektor digital ini banyak dicari untuk :
·      Digunakan dalam sebuah presentasi baik dalam kelas maupun meating suatu pekerjaan.
·      Seseorang dapat mengontrol suatu data yang ingin ditampilkan.
·      Mempermudah audiens dalam melihat suatu laporan.
·      Keperluan pendidik.

C.  Jenis-Jenis Proyektor
Berikut ini terdapat beberapa jenis proyektor yang digunakan :
            a)    Proyektor digital
Proyektor digital adalah peralatan teknologi modern. Ini digunakan untuk mengkonversi data gambar secara langsung dari komputer ke sebuah layar melalui sistem lensa.
Add caption

b)    Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar.
Add caption

c)  Proyektor CRT
CRT atau sering disebut juga dengan Katoda Ray Tube yang memanfaatkan Proyektor kuno tabung gambar yang telah digunakan pada TV konvensional selama beberapa dekade. Dengan jenis proyektor ini, tiga CRT, plus lensa pembesar, digunakan untuk melemparkan sebuah gambar ke layar. Para CRT digunakan untuk memproyeksikan warna utama, merah, biru dan hijau. Adanya tiga tabung yang berbeda-beda warna dalam proyektor CRT, membuat proyektor ini lumayan besar dan berat.
Add caption


d)  Proyektor DLP (Digital Light Processing)

            Pada DLP, cahaya terlebih dahulu akan mengenai sebuah Color Filter berbentuk roda. Kemudian warna yang diperoleh akan mengenai Digital Micromirror Devices (DMD). Dari DMD inilah kemudian cahaya akan diproyeksikan dengan cara dipantulkan ke layar.
Add caption
e)  Proyektor LCOS
            Teknologi LCOS lebih mudah diproduksi dan ringan dibandingkan LCD. Resolusi yang dihasilkan juga lebih baik dari LCD. Bahkan resolusi teknologi ini diperhitungkan dapat mencapai QXGA, yaitu 2048×1536 pixel.




Proyektor di atas merupakan proyektor yang biasa di gunakan para pemateri untuk menyampaikan materinya. Demikianlah uraian sedikit tentang proyektor, jika ada kritik maupun saran silahkan coment. J
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi Informasi Copyright © 2012 Template Designed by BTDesigner · Powered by Blogger